SEJARAH SINGKAT

PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII)

RAYON “PENAKLUK” AL-ADAWIYAH

KOMISARIAT SUNAN AMPEL MALANG

PMII Rayon Psikologi Al-Adawiyah yang lahir pada tanggal 10 Juni 2000, merupakan Rayon yang berada di Fakultas Psikologi UIN MALIKI Malang, secara hirarki organisasi berada dibawah PMII Komisariat Sunan Ampel yang menaungi seluruh PMII yang berada di UIN MALIKI Malang. Karena berada di Fakultas Psikologi maka PMII Rayon Psikologi lebih menekankan kepada keilmuan psikologi dan keahlian lain yang berkaitan dengan Psikologi seperti Out Bound, Hypnosist, Konseling dan lain sebagainya. Selain hal tersebut juga tidak melupakan Gerakan Sosial dan Intelektual sebagai ciri PMII sebagai Organisasi Pergerakan.

Sebagai Organisasi Kemahasiswaan Rayon Psikologi, Al-Adawiyah bergerak dalam bidang pengkaderan dan berusaha menjadi wahana ekspresi dan aktualisasi diri serta wahana untuk menggali potensi diri dalam dunia pergerakan dan dunia akademiknyademi terbentuknya cita-cita PMII yakni: Terbentuknya Pribadi Muslim Indonesia Yang Bertaqwa Kepada Allah SWT, Berbudi Luhur, Berilmu, Cakap dan Bertanggung Jawab Dalam Mengamalkan Ilmunya dan Komitmen Terhadap Cita-Cita Kemerdekaan Republik Indonesia.

PMII Rayon Psikologi Al-Adawiyah terus berikhtiar mencita-citakan tujuan PMII tersebut. Dengan ideologi yakni Islam yang ber Aswaja yakni Islam yang Moderat dan Tidak Anarkis. Dengan landasan itulah sebagai organisasi keislaman dan keindonesiaan berusaha bergerak secara dinamis di usia emasnya yakni usia yang kesepuluh tahun.

Selain itu, PMII Al-Adawiyah memiliki tanggung jawab moral untuk mendidik warga Psikologi menjadi warga yang dapat memberikan Treatment dan dapat beraplikasi. Untuk memperoleh tuntutan-tuntutan itu banyak program kerja yang harus dilaksanakan oleh Rayon Adawiyah untuk menumbuhkan pola fikir dan kedewasaan kader-kader yang ada dijurusan psikologi. Dengan adanya Rayon Adawiyah diharapkan mampu memberdayakan kadernya dalam Berekspresi, Menggali Potensi dan Mengaktualisasikan Potensi Diri untuk Citra Diri Menuju Insan Ulul Albab.

Sampai saat ini, para kader PMII UIN MALIKI Malang diberi amanah untuk memimpin dan berjuang di SEMA-F, DEMA-F Psikologi dan BEM Universitas Islam Negeri Malang. Selain itu, dalam menjalankan programnya PMII Al-Adawiyah mempunyai support yang banyak oleh para Alumni PMII yang berada di Fakultas Psikologi. Baik dari unsur Dekanat, Dosen dan Karyawan, bisa dibilang kira-kira 80% merupakan Alumni PMII. Hal ini sangat membantu sebagai motivator pengurus dalam berjuang meneruskan perjuangan Rayon PMII Al-Adawiyah.

PMII Rayon Al-Adawiyah merupakan wadah berproses bagi para warganya. Dengan mendaftar Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) PMII maka sudah otomatis menjadi warga Rayon Al-Adawiyah yang selnjutnya akan di didik dan di bina dalam rangka belajar bersama menjadi Insan Ulul Albab. Pembinaan itu bisa bersifat Structural maupun Cultural. Bentuknya dengan Ngobrol Wacana, Diskusi, Latihan Out Bound, Futsal, Latihan Music, Pelatihan-Pelatihan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan, Gerakan Sosial dengan Advokasi maupun turun kejalan dan kegiatan lain yang bermanfaat.

Selanjutnya, selamat bergabung bersama PMII Psikologi Al-Adawiyah, mari kita nikmati berproses di PMII guna menjadi kader Islam Indonesia yang ulul albab yang senatiasa Berfikir, Dzikir, dan Beramal Sholeh. PMII merupakan wadah dalam belajar dan bergerak, maknailah bergabung dengan PMII sebagai wadah dalam berproses dan jalan dalam memperjuangkan Bangsa dan Islam menjadi lebih baik. Selamat bergabung semoga menjadi Sahabat/i yang senantiasa bergerak dalam menaklukkan perjalanan kehidupan. Amien…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: