Implementasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Kehidupan Sehari-hari

1. TAWASUT (Sikap tengah-tengah)
Maksud dari sikap tengah-tengah yaitu kita sebagai manusia kita tidak boleh bersifat ekstrim kanan dan ekstrim kiri, kita harus bersifat sedang-sedang saja atau tengah-tengah, tidak pilih-pilih, dan dalam konteks kehidupan sehari-hari kita harus bisa memilih pergaulan yang menurut diri kita itu baik dan bisa mendorong kita untuk menuju cita-cita atau mencapai apa yang ingin kita tuju.
Contoh dalam kehidupan sehari-hari saya yaitu, ketika ada anak kamar saya yang sedang bertengkar disebabkan karna perbedaan pendapat maka saya sebagai temannya ikut campur untuk mennyelesaikan atau menengahi masalah tersebut, pada saat itu mereka tetap bercekcok ngomong ini ngomong itu tetapi saya tidak membela salah satu diantara mereka karena diantara mereka ada yang dekat dengan saya, tetapi saya tetap untuk tidak pilih kasih akan tetapi saya memilih keputusan tengah-tengah. Dan disalah satu dari mereka ada yang mengalah karena dia merasa bahwa dia sudah dewasa, akhirnya masalah tersebut selesai.

2. TAWAZUN ( SEIMBANG)
Maksudnya, seimbang dalam segala hal yaitu dalam sebuah musyawarah pastinya ada tujuan yang akan dituju dan ada bermusyawarah karena akan merencanakan sesuatu, didalam musyawarah tersebut ada suatu sikap yaitu berusaha mengintegrasikan antara pendapat satu dengan pendapat yang lain, maka dalam mengambil keputusan kita harus seimbang dalam hasil musyawarah tersebut.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari saya yaitu dikamar saya ada perbedaan sifat yang membut saya tidak nyaman berada di kamar, saya merasa sulit mengintegrasikan diri saya kepada mereka, tetapi seiring berjalannya waktu saya mulai bisa menyeimbangkan antara sifat yang satuu dengan yang lain, mereka ada yang hiper aktif, sukanya lelucon, keras, pendiam, ada juga yang setiap perkataannya menyakitkan hati, tetapi saya berusaha menyeimbangkan antara sifat saya dengan mereka, dan akhirnya saya bisa.

3. TASAMUH (Toleransi)
Maksudnya, toleransi yaitu menghargai orang lain,menghargai pendapat yang diutarakan tidak memikirkan diri sendiri, toleransi disini juga bisa dilihat dari keragaman budaya, agama, ras, dan bahasa, di indonesia keberagaman-keberagaman tersebut sangat dihargai oleh semua warga indonesia yang tidak bersifat memaksa.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari saya yaitu, ketika saya presentasi didepan kelas materi yang dipresentasikan oleh kelompok saya dihargai oleh teman-teman, tetapi ketika kelompok saya menyampaikan isi dari materi, teman-teman malah sibuk sendiri dengan hp nya, tetapi wujud dari sikap toleransi menghargai posisi mereka yang pada saat itu mereka sedang bosen dengan padatnya jadwal mahad maka salah satunya mainan hp didalam kelas reguler ,tetapi kelompok saya menghargai itu, kelompok saya lebih memilih untuk membirkan saja.

4. TA’ADUL (Adil)
Maksudnya, adill dalam melihat, menimbang, menyikapi, dan menyelesaikan segala permasalahan. Adil hanya dilakukan dikehidupan sehari-hari itu benar-benar sama dan setara secara sama persis dalam segala sifat-sifatnya, apabila terjadi keunggulan disalah satunya maka keadilan menuntut perbedaan dan keutamaan dan allah berifrman “Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat dengan Taqwa”.
Contoh dalam kehidupan sehari-hari saya yaitu ketika saya mempunyai uang dan saya belikan jajan, setelah itu jajan yang saya beli saya kasihkan kepada teman-teman satu kamar, jajan yang saya beli tidak saya makan sendiri tetapi saya langsung bagikan kepada teman-teman secara adil dan merata, dan saya taruh di meja dan setelah itu teman-teman ambil sendiri-sendiri.

Penulis : Nabila, Anggota PMII Rayon “Penakluk” Al-Adawiyah Angkatan 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: