HIV/AIDS

HIV AIDS = Acquired Immuno Deficiency Syndrome yang secara umum dapat di artikan sebagai gejala penyakit akibat menurunnya system kekebalan tubuh seseorang sehingga penderita sangat mudah terkena penyakit. HIV dapat melemahkan atau merusak system pertahanan tubuh.

Banyak hal yang menyebab yang mendasari terjangkitnya HIV/AIDS diantaranya :

  • Penyebarannya dapat memalui jarum suntik yang bergantian
  • Transfuse darah orang yang terjangkit HIV/AIDS
  • bergonta – ganti pasangan yang tejangkit HIV/AIDS tanpa menggunakan kondom
  • tingginya penyalahgunaan obat bius
  • mobilitas penduduk terutama dari desa ke kota
  • lemahny apelayanan kesehatan (pendidikan kesehatan dan konseling)

Gejala – gejala HIV/AIDS :

  1. infeksi menular seksual akibat terjadi adanya suatu cairan yang keluar lewat alat kelamin dan cairan ini tidak normal seperti kencing nanah dan juga klamidia.
  2. Infeksi menular seksual terjadi dengan adanya luka disekitar alat kelamin seperti luka herpes misalnya juga spilis.
  3. Infeksi menular seksual yang terjadi dengan adanya sesuatu yang tumbuh dibagian alat kelamin seperti tumor atau jengger ayam. Infeksi menular seksual merupakan pintu utama untuk lewat cairan tubuh misalnya seperti cairan mania tau cairan sperma dan juga cairan vagina atau juga melalui darah. Degan adanya serangan tersebut penyakit HIV/AIDS menular dan menjalar dalam tubuh mnanusia.

Cegah HIV/AIDS dengan :

  1. ABSEN (tidak berhubungan seks saat jauh dari pasangan)
  2. B. BE FAITHFUL (tidak gonta – ganti pasangan)
  3. C. CONDOM (menggunakan kondom saat melakukan hubungan)
  4. D. DRUG (tidak mengkonsumsi narkoba)

E.EDUCATION (belajarhal yang positif)

Tak asing bagi masyarakat tentang HIV/AIDS, khususnya di Kota Malang banyak orang yang terkena HIV/AIDS.“Dari data yang telah di dapat sekitar 20 – 30 orang setiap bulan nya terdeteksi HIV/AIDS. Dari kota Malang dulunya menyediakan tempat perkumpulan orang – orang yang terkena HIV/AIDS tetapi pandangan masyakarat yang membuat perkumpulan ODHA terusir oleh masyarakat dan sampai ahirnya meninggalkan tempat yang telah di sediakan oleh Pemerintah Kota Malang tersebut” DinasKesehatan Kota Malang. Coba bayangkan jika ODHA tersebar dimana – mana??

ODHA tidak untuk di hindari tetapi penyakitnya yang harus di hindari. Karena pada dasarnya semua adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya. Dan memanusiakan manusia. Di kota Malang banyak layanan yang menyediakan tempat tampat rehabilitasi. Ada pula tempat persinggahan ODHA tetapi masyarakat mengusirnya. Maka itu perlu adanya sosialisasi dari pemerintahan untuk masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sadar, peduli dan dapat menerima sesamanya. Dan sosialisasi untuk pencegahan yang belum mengetahui tentang HIV/AIDS dan juga sosialisasi terhadap ODHA agar tidak melakukan hal – hal yang negatif.

Orang – orang yang terkena HIV/AIDS merupakan orang – orang yang terkena masalah dalam hidupnya dan membutuhkan dorongan serta motivasi dalam diri. ODHA bukan untuk di jahui tapi di rangkul agar mereka mau untuk berobat dan bersadar diri. Dorongan yang paling utama adalah dari orang tua, keluarga dan teman. Di bawa di terapi lebih baik dengan perawatan dan penangan yang optimal.

Di berikannya kegiatan – kegiatan yang positif dan membangun kreatifitas karena dengan di berikannya kegiatan – kegiatan yang positif maka akan berpengaruh pada kepercayaan dalam dirinya. Serta niat dan usaha dari dalam diri untuk merubah menjadi lebih baik karena itu merupakan sebuah kunci.

(sumber : Dinas Kesehatan Malang)

Kumulatif Kasus HIV/AIDS Kota Malang

September-2014

No FaktorResiko Temuan %
1 IDU 995 32
2 WPS 56 2
3 LSL 240 8
4 Waria 86 3
5 WBP (Napi) 378 12
6 Pasangan/RT 422 14
7 Perinatal 21 1
8 Lain-lain 887 29
Total 3085 100
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: