Kecintaan Terhadap Islam dan Indonesia; Part 2

oleh : Naili Fitriya Dewi

Manusia di ciptakan dengan potensi cinta terhadap sesuatu dapat dibagi sama rata. Hati akan selalu cenderung untuk lebih mencintai sesuatu dari pada yang lainnya. Perhatian dan perlakuan tdaklah berbeda, tetapi kecenderungan hati untuk lebih mencintai yang satu dengan lainnya adalah merpakan satu fitrah yang tidak bisa ditolek.
Iniah potensi cinta allah anugerahkan dalam setiap hati manusia dan melalui potensi inilah lahir kekuatan cinta yang sangat dahsyat. Dan sebaik – baiknya petunjuk dalam menggunakan potensi cinta yang kita miliki haruslah berasal dari sumber segala cinta dan pencipta dari rasa cinta itu sendiri yaitu Allah SWT.
Allah mengajarkan kepada manusia untuk menggunakan potensi cintanya kepada Allah lebih dari cintanya kepada apapun juga di dunia ini. Cinta kepada Allah, bukanlah satu hal yang tidak mungkin. Mencintai Allah berarti juga mencintai islam sebagai agama Allah. Selain itu dengan mencintai islam kita juga pasti mencintai Rosullulah sebagai nabi yang telah membawa islam dan juga Al-Qur’an sebagai kitab umat islam.
Adapun cinta atau kecintaan terhadap Indonesia yang merupakan tanah air kita merupakan sebuah kewajiban. Kenapa ? Baik dalam paragraph ini saya akan menjelaskan dari awal. Perasaan sejarah muncul sebagai unsur kebangsaan karena unsur ini merupakan salah satu yang terpenting demi menyatukan perasaaan, pikiran dan langkah – langkah masyarakat. Sejarah menjadi penting karena umat, bangsa dan kelompok dapat melihat dampak positif atau negative dari pengalaman masa lalu, yang kemudian mengambil pelajaran dari sejarah untuk melangkah ke masa depan yang lebih baik dan sejahtera. Sejarah yang gemilang dari suatu kelompok akan diabaikan anggota kelompok serta keturunannya, demikian pula sebaliknya. Al-Qur’an sangat menonjol dalam menguraikan peristiwa sejarah.
Di dalam kitab suci Al-qur’an terdapat hokum – hokum Allah yang bertujuan untuk mengatur kehidupan umat manusia dan cinta akan tanah airnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegaraa untuk dapat hidup bahagia, rukun, tenram, damai, makmur, sejahtera dan lain – lain.
Rasa kebangsaan tidak dapat dinyatakan tanpa dibuktikan oleh patriotrisme dan cinta tanah air. Cinta tanah air tidak bertentangan dengan prinsip – prinsip agama bahkan inklusif di dalam ajaran Al-Qur’an dan praktek Nabi Muhammad SAW. Hal ini bukan sekedar dibuktikan melalui hadist Nabi Muhammad. β€œHubbul Wathan Minal Iman” yang artinya cinta tanah air adalah bagian dari iman.
Dari hadist di atas kita dapat menyimpulkan bahwasanya kecintaan terhadap tanah air merupakan bagian dari iman. Dan ini berarti kecintaan terhadap tanah air adalah perintah Allah SWT. Indonesia sebagai tanah air kita oleh karena itu merupakan sebuah kewajiban dan juga perintah dari Allah agar kita memiliki kecintaan terhadap Indonesia.
Memang cinta kepada tanah tumpah darah merupakan neluri manusia dan karena itu Nabi Muhammad SAW menjadikan salah satu tolak ukur kebahagiaan adalah β€œdiperolehnya rezeki dari tanah tumpah darah” dan benar jika ada ungkapan bahwasannya hujan emas di negeri orang hujan batu di negeri sendiri, lebih senang di negeri sendiri.
Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa orang yang gugur karena membela keluarga, mempertahankan harta dan negeri sendiri dinilai sebagai syahid sebagimana yang gugur membela ajaran agama, bahkan Al-Qur’an menggandakan pembelaan agama dan pembelaan Negara dalam firmannya.
Indonesia bukanlah milik pribadi golongan atau agama tertentu. Indonesia adalah milik setiap warga negaranya.
Jadi kecintaan terhadap islam dan Indonesia merupakan suatu kewajiban sebagaimana yang telah saya tuliskan di atas bahwasannya islam adalah agama Allah dan kita sebagai orang muslim pasti mencintai Allah dan mencintai tanah air kita Indonesia adalah perintah Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: