Pra-MAPABA XIII

Malam ini, tepatnya hari Ahad tanggal 04 November 2012 panitia pelaksana Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) yang ke XIII mengadakan acara Pra-MAPABA yang dilaksanakan di Lecture Building B lantai 2 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara Pra-MAPABA ini di ikuti oleh mahasiswa psikologi yang mendaftarkan dirinya sebagai calon anggota PMII Rayon “Penakluk” Al-Adawiyah. Pra-MAPABA kali ini di isi dengan materi tentang “Gerakan Mahasiswa dan Kontribusinya Terhadap Bangsa” yang mana pematerinya adalah Sahabat Niri Yanto (red. Atho’) yang merupakan pengurus Cabang Kota Malang.
Acara Pra-MAPABA kali ini berjalan dengan lancar karena antusias, keinginan dan tekad dari para calon anggota sangat tinggi, begitu pula dengan antusias para panitia yang patut di acungi jempol dan di dukung pula dengan pemateri yang mudah membawa suasana sehingga calon anggota kali ini merasa tidak salah pilih untuk mendaftarkan diri menjadi anggota PMII. Materi ini diberikan untuk memberikan saku para calon anggota mengenai gerakan mahasiswa saat ini, ditinjau dari proses mereka dalam menjalani ranah pendidikan, social dan, terutama dalam pergerakannya. Pemateri menyampaikan mahasiswa saat ini lebih memeilki peluang yang besar dalam dunia pergerakan dikarenakan didukungnya perkembangan teknologi modern yang semakin lama makin terinovasi, kreativitas, dan maju. Namun perkembangan teknologi ini kurang didukung dengan pola pikir yang sesuai dengan tanggung jawab mahasiswa yang harus memilki pola pikir kritis transformatif, bentuk tersebut dapat dilihat banyaknya mahasiswa yang menggunakan dunia network seperti Facebook, Twitter, dan Black Berry Masanger untuk media narsis, isinya hanya untuk memposting status yang tidak jelas “ aku ge makan plend,” itu contohnya. Bahasa-bahas ayang dipakai oleh mahasiswapun saat ini makin menggeser, bahasa gaul banyak mendominasi dan tidak diimbangi dengan kemampuan mahasiswa dalam berkarya.
Tanggung jawab mahasiswa adalah menjawab kepastian terhadap masyarakat, harusnya posting dan status dalam dunia jaringan internet berisikan keperdulian terhadap masyarakat dan mengkritisi bangsa, bukan sebaliknya hanya posting galau yang trend saat ini “ galau bro” dan jawabannyapun “ cyuuuusss????” sangat miris bukan? Niat mencari ilmu harus ditegakkan dalam pola pikir mahasiswa, mencari ilmu dan pengetahuan tidak hanya didalam perkuliahan saja, diluar perkuliahan banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang harus digali salah satunya mengikuti organisasi ekstra dan PMIIlah pilihan yang tepat.

Advertisements
%d bloggers like this: